Pentingnya Peranan Jasa Konsultan IT untuk Perusahaan Berkembang

Pentingnya Peranan Jasa Konsultan IT untuk Perusahaan Berkembang

Abad 21 adalah abad teknologi dimana zaman semakin canggih dan mobilitas semakin tinggi. Siapa yang memiliki skill dan up dated engan perkembangan zaman akan berkembang dan maju secepat kilat, dan siapa yang tidak membekali dirinya dengan keahlian khusus akan sulit diterima pada perusahaan berkembang dimana pun. Indikator abad 21 adalah berkembangnya teknologi. Ketika mendengar kata IT, memori di kepala kita akan meng-analogi-kannya dengan komputer, laptop, notebook, tablet, modem, wifi zone, speedy, mobile phone dan gadget-gadget lain.

Fenomena sosial merekam bahwa selain kedokteran, jurusan yang berhubungan dengan IT adalah jurusan favorit dengan peminat membludak. Saat ini, salah satu pekerjaan yang menjanjikan (kompetisi ketat dan salary tinggi) adalah konsultan IT, apa itu konsultan IT?

Peranan Jasa Konsultan IT untuk Perusahaan Berkembang

Bagaimana peran konsultan IT dalam meningkatkan income perusahaan berkembang? Berikut ulasannya.

Definisi dan Job Deskripsi Konsultan IT

Konsultan IT secara bahasa berasal dari dua kata yaitu “consultant” dan “IT”. Consultant berarti seorang ahli yang memberi jasa kepenasihatan dalam bidang tertentu, contohnya di bidang hukum, biologi, matematikan, psikologi, akuntansi dan sebagainya. Konsultan umumnya bukan karyawan tetapi seseorang yang menjalankan usahanya sendiri atau yang bekerja dibawah perusahaan kepenasihatan. Wujud pekerjaan konsultan adalah bekerja dengan pengguna layanan sekaligus dalam satu waktu.

Technical Consultant atau Konsultan IT memberikan masukan mengenai permasalahan IT. Umumnya para konsultan IT meng-handle masalah problem domain. Jika di-analogi-kan, consultant IT mirip dengan analis sistem yang memikirkan konsep proses bisnis daripada menjalankannya seperti yang dilakukan oleh bagian desain atau coding. Pada umumnya, para penyedia jasa konsultan IT menguasai permasalahan software development dalam artian luas dan pada level yang lebih tinggi. Tugas yang diembannya masuk dalam kategori software consulting.

Konsultan IT lebih banyak memberikan konsultasi kepada pelanggan dan berada di luar perusahaan. Untuk itu, konsultan IT juga dituntut memiliki kemampuan komunikasi dan kemampuan interpersonal yang baik. Karena pekerjaannya juga berbungan dengan tulis-menulis, konsultan IT harus memiliki keahlian menulis yang memadai. Gambaran lain, jika konsultan IT bekerja dalam perusahaan yang memproduksi software, konsultan IT berperan dalam proses pre-sales, perubahan proses bisnis, perubahan modul yang cukup rumit, dan juga melakukan modifikasi.

Skill yang harus dimiliki oleh konsultan IT adalah:

Menguasai dan berpengalaman pada bisnis enterprise tertentu
Menguasai IT secara luas
Menguasai permasalahan software yang direkomendasikan sebagai solusi kepada klien
Menguasai tulis menulis dengan baik dalam bahasa Inggris maupun Indonesia
Secara umum Konsultan IT memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

Melakukan seminar atau pelatihan
Menyelesaikan masalah klien
Membuat laporan tugas harian
Menguji produk dan aplikasi
Mendokumentasikan proses dan instruksi aplikasi
Memecahkan masalah software
Menghadiri meeting dengan perusahaan lain
Memunculkan ide-ide baru.
Selain itu, tugas Konsultan IT secara umum adalah:

Memberikan masukan terkait permasalahan IT yang sedang dihadapi klien
Membuat laporan, proposal atau dokumen mengenai desain software secara umum
Mengadakan pelatihan bagi para klien pengguna software yang direkomendasikan.
Pengertian Perusahaan Berkembang

Perusahaan berkembang adalah perusahaan yang memproduksi barang sesuai dengan pesanan atau made by order. Perusahaan ini belum setaraf dengan perusahaan maju yang mampu mengenali produk apa yang dibutuhkan masyarakat tanpa harus menunggu adanya order terlebih dahulu. Perusahaan jasa juga termasuk dalam kategori perusahaan berkembang dimana jasa yang diberikan adalah setelah adanya order dari pihak klien. Jika di-analogi-kan dengan negara maju vs. negara berkembang, negara maju memproduksi kebutuhan pasar dunia secara massal sedangkan negara berkembang seperti Indonesia mengimpor produknya dari luar negeri lalu mengemasnya kembali.

Secara usia, perusahaan berkembang tergolong masih muda, gaji yang didapatkan pegawai terus meningkat sesuai dengan penjualan produk, manajemen yang kian meningkat dan semakin efisien dari tahun-tahun sebelumnya. Ini jelas berbeda dengan perusahaan maju yang secara manajemen sudah stabil, tidak lagi mengalami kerugian, dan salary pegawainya terbilang fantastis.

Singkatnya, ciri perusahaan berkembang adalah:

Memproduksi barang atau jasa jika ada pesanan (made by order)
Usia perusahaan tergolong muda
Salary karyawan terus meningkat (yang semula rendah beranjak naik perlahan-lahan)
Manajemen perusahaan kian membaik seiring bertambahnya usia namun belum tergolong stabil.
Perusahaan maju tentunya pernah mengalami fase menjadi perusahaan berkembang. Untuk menjadi perusahaan maju perusahaan berkembang bisa konsultasi dengan pihak konsultan IT untuk memecahkan permasalahan bisnis tertentu.

Peranan Jasa Konsultan IT untuk Perusahaan Berkembang

Secara skill, pihak konsultan IT dituntut memiliki keahlian yang berhubungan dengan bisnis pada bidang tertentu, menguasai software yang direkomendasikan kepada klien dan juga menguasai IT secara luas. Skill tersebut dipadu dengan tugas konsultan IT yang akan membantu menyelesaikan permasalahan IT dan mengadakan pelatihan penggunaan software.

Jika dikorelasikan, keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan berkembang dengan menggunakan Jasa Konsultan IT adalah:

Perusahaan berkembang bisa meningkatkan aktivitas produksinya dengan melakukan proses advertising yang lebih aktif dan lebih maksimal dari sebelumnya. Caranya adalah konsultasi dengan pihak konsultan IT mengenai desain web yang menarik untuk promosi, dan bagaimana caranya web perusahaan tersebut bisa menjadi nomor satu di search engine. Ini tercakup dalam fungsi konsultan IT yang juga membantu membuat company profile, iklan tiga dimensi dengan CD interactive, web desain dan juga web development.
Proses produksi perusahaan berkembang akan lebih cepat dengan adanya software desain produk yang telah dikonsultasikan dengan pihak konsultan IT.
Konsultan IT akan membantu mendesain sistem yang baru, baik itu sistem produksi, sistem distribusi maupun sistem periklanan yang memiliki banyak kelemahan.
Jika ada kendala dengan hardware maupun software perusahaan, konsultasi dengan pihak konsultan IT adalah solusi yang tepat.
Pihak konsultan IT akan memaksimalkan progress perusahaan dengan membantu membuat dan juga mengoptimalikan software perusahaan dengan hasil akhir yang menarik.
Konsultan IT menyediakan jasa network application dengan perangkat lunak yang bisa dihubungkan dengan jaringan computer perusahaan sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivitas produksi dan juga manajemen secara manual.
Network maintenance dari pihak konsultan IT akan memudahkan perusahaan Anda berkomunikasi dengan para klien melalui jaringan internet yang stabil.
IT Training center, konsultan IT mengadakan pelatihan hardware dan software bagi seluruh karyawan di perusahaan Anda untuk meminimalisir gagap teknologi (gaptek)
SkillI karyawan di perusahaan bisa ditingkatkan dengan bantuan IT training skill.
Dengan mengoptimalkan peran konsultan IT, perusahaan yang sedang berkembang lebih mudah dapat menjadi perusahaan maju dalam hitungan tahun. Konsultan IT tidak hanya kolega bisnis yang memecahkan masalah hardware dan software IT, tapi juga terlibat langsung dalam proses bisnis yang ditekuni klien sekaligus praktisi yang handal. Semoga bermanfaat.

About the author

admin administrator

1 Comment so far

A WordPress CommenterPosted on3:48 pm - Sep 2, 2017

Hi, this is a comment.
To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply